Kamis, 10 Oktober 2013

Teknologi Untuk Wirausaha

 
Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang Teknologi Informasi merupakan sesuatu yang patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya. Teknologi Informasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, dll.

Teknologi Informasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya pemakaian software akuntansi yang sangat membantu dalam menelola keuangan dilengkapi berbagai fitur yang biasanya dipakai oleh akuntan. Mempercepat dan mempermudah pekerjaan.

Dalam urusan bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. Sedangkan dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

Dalam pendidikan, pelaksanaan pembelajaran beberapa tahun yang lalu hanya mempunyai satu metode pembelajaran yaitu degan bertatap muka secara langsung namun sekarang ini dengan majunya ICT kegiatan pembelajaran dapat lewat internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien.E-learning sekarang ini sangat nge-trend di Indonesia.Banyak sekolah-sekolah, perguruan tinggi baik negeri maupun swasta sudah menerapkan sistem pengajaran ini,contohnya UNY E-learning di UNY dapat diakses di besmart.uny.ac.id. Dalam besmart ini para mahasiswa dapat mendownload maupun mengirimkan tugas. Sehingga para guru/dosen dapat memberikan ilmu kepada muridnya tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Para dokter atau profesi lain yang berhubungan dengan kesehatan memanfaatkan kemajuan ICT ini dalam berbagai peralatan yang mereka gunakan seperti sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar